![]() |
Silabus RPP Kelas 1 SD/MI Tematik KTSP |
Pengertian Silabus
Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar. (sumber : https://luk.staff.ugm.ac.id)Landasan Pengembangan SILABUS?
- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 17 ayat (2)
- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 20
Prinsip Pengembangan Silabus
1. Ilmiah
Keseluruhan materi dan kegiatan yang menjadi muatan dalam silabus harus benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan.
2. Relevan
Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spritual peserta didik.
3. Sistematis
Komponen-komponen silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi.
4. Konsisten
Adanya hubungan yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok/ pembelajaran, kegiatan pembelajaran, sumber belajar, dan sistem penilaian.
5. Memadai
Cakupan indikator, materi pokok/ pembelajaran, kegiatan pembelajaran, sumber belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.
6. Aktual dan Kontekstual
Cakupan indikator, materi pokok/ pembelajaran, kegiatan pembelajaran, sumber belajar, dan sistem penilaian memperhatikan perkembangan ilmu, teknologi, dan seni mutakhir dalam kehidupan nyata, dan peristiwa yang terjadi.
7. Fleksibel
Keseluruhan komponen silabus dapat mengakomodasi keragaman peserta didik, pendidik, serta dinamika perubahan yang terjadi di sekolah dan tuntutan masyarakat.
8. Menyeluruh
Komponen silabus mencakup keseluruhan ranah kompetensi (kognitif, afektif, psikomotor).
Langkah-Langkah Pengembangan Silabus
- Mengkaji dan Menentukan Standar Kompetensi
- Mengkaji dan Menentukan Kompetensi Dasar
- Mengidentifikasi Materi Pokok/Pembelajaran
- Mengembangkan Kegiatan Pembelajaran
- Merumuskan Indikator Pencapaian Kompetensi
- Menentukan Jenis Penilaian
- Menentukan Alokasi Waktu
- Menentukan Sumber Belajar
Pengertian RPP
Rencana pelaksanaan pembelajaran, atau disingkat RPP, adalah pegangan seorang guru dalam mengajar di dalam kelas. RPP dibuat oleh guru untuk membantunya dalam mengajar agar sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pada hari tersebut. (sumber :id.wikipedia.org)
Kami bagikan ini kembali karena dibeberapa Wilayah Kabupaten/ Kota untuk Kelas 1 SD/MI masih ada yang menggunakan Kurikulum 2006/ KTSP. Hal ini tergantung dari kesiapan dan ditunjuk dari Dinas Pendidikan Kabupaten/ Kota.
Maka dari itu kami bagikan Silabus dan RPP ini bagi Bapak/Ibu Guru Kelas ditakutkan susahnya mencari di Google karena hampir 90 % (persen) sudah menggunakan Kurikulum 2013.
Bagi yang membutuhkan saja untuk melengkapi perangkat pembelajaran atau Administrasi Guru untuk 1 tahun pelajaran, bisa dengan mudah didapatkan Silabus dan RPP melalui link dibawah ini :
Silabus Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2006/ KTSP
RPP Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2006/ KTSP Semester 1 dan 2
Tidak ada komentar:
Posting Komentar