Media Komunikasi & Informasi GURU

Blog berbagi Informasi, File, Berita dan Tutorial yang menunjang Kegiatan Seputar Dunia Pendidikan

Panduan PIGP Pengawas Sekolah/ Madrasah

Panduan PIGP Pengawas Sekolah/ Madrasah

Panduan PIGP Pengawas Sekolah/ Madrasah

Apa Itu PIGP?

Program Induksi Guru Pemula yang selanjutnya disebut PIGP adalah kegiatan orientasi, pelatihan di tempat kerja, pengembangan, dan praktik pemecahan berbagai permasalahan dalam proses pembelajaran/ bimbingan dan konseling bagi guru pemula pada sekolah/madrasah di tempat tugasnya. Guru pemula adalah guru yang baru pertama kali ditugaskan melaksanakan proses pembelajaran/ bimbingan dan konseling pada satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah, pemerintah daerah, atau masyarakat.

Tujuan PIGP

Pelaksanaan program induksi bertujuan untuk membimbing guru pemula agar dapat:
  1. beradaptasi dengan iklim kerja dan budaya sekolah/madrasah; dan
  2. melaksanakan pekerjaannya sebagai guru profesional di sekolah/ madrasah.

Latar Belakang Pelaksanaan PIGP

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menegaskan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Untuk mendukung hal tersebut saat ini telah diberlakukan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PermenPANRB) No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru, yang di antaranya mengatur tentang program induksi bagi guru pemula. Sebagai penjabaran teknis dari program induksi maka juga telah diterbitkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 27 Tahun 2010 tentang Program Induksi bagi Guru Pemula.

Sejalan dengan peraturan di atas Kementerian Pendidikan Nasional, melalui Proyek Bermutu Direktorat Tenaga Kependidikan menyusun dokumen-dokumen pendukung agar program induksi dapat berjalan sesuai dengan kebijakan yang berlaku. Dokumen yang disusun untuk mendukung pelaksanaan program induksi diantaranya adalah Panduan Kerja dan Modul Program Induksi Guru Pemula (PIGP) bagi Pengawas Sekolah/Madrasah, Kepala Sekolah/ Madrasah, dan Pembimbing.

Panduan PIGP sangat penting artinya bagi keberhasilan pelaksanaan PIGP di sekolah karena pada modul tersebut tercantum penjelasan yang rinci dan menyeluruh tentang konsep dan pelaksanaan program induksi di sekolah. Modul ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman yang utuh dan terperinci bagi para pengawas sekolah/madrasah dalam melaksanakan program induksi di sekolah melalui pembimbingan yang intensif dan terarah. Pengembangan modul PIGP untuk pengawas sekolah/madrasah ini didasarkan pada Panduan Kerja PIGP.

Panduan PIGP Pengawas Sekolah/ Madrasah disusun dengan tujuan untuk:
  1. memberikan gambaran lengkap tentang konsep dan pelaksanaan program induksi.
  2. memberikan pedoman bagi pengawas dalam melaksanakan program induksi pada sekolah binaannya.
Setelah mempelajari, mendiskusikan, mendalami, dan mempraktikkan Panduan ini bersama teman sejawat di KKPS/M dan MKPS/M, pengawas sekolah diharapkan mampu:
  1. memahami PIGP yang meliputi ketentuan umum, tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap penilaian dan tahap pelaporan PIGP, sebagai upaya dalam peningkatan profesionalisme guru pemula;
  2. menguasai strategi pengawasan PIGP
  3. menyusun perencanaan pengawasan PIGP
  4. melaksanakan pengawasan PIGP
  5. melaksanakan evaluasi hasil pengawasan PIGP
  6. menyusun Laporan Hasil Pengawasan PIGP
  7. menganalisis dan merumuskan tindak lanjut hasil pengawasan PIGP.
Daftar Isi Panduan PIGP Pengawas Sekolah/ Madrasah
  • Tujuan PIGP
  • Manfaat PIGP Terkait dengan Status Kepegawaian
  • Prinsip Penyelenggaran PIGP
  • Peserta PIGP
  • Hak Guru Pemula 
  • Kewajiban Guru Pemula
  • Waktu dan Tempat Pelaksanaan
  • Pihak yang Terkait Langsung dalam Pelaksanaan PIGP
  • Tata Cara Pelaksanaan PIGP
  • Perencanaan Pengawasan PIGP
  • Pelaksanaan Pengawasan PIGP
  • Evaluasi dan Program Tindak Lanjut Pengawasan PIGP
  • Pelapoan Pengawasan PIGP
Semua yang sudah di uraikan diatas, secara lengkapnya bisa didapatkan dalam bentuk file PDF yang akan kami bagikan melalui link dibawah ini :
Download Panduan PIGP Pengawas Sekolah/ Madrasah
Itulah Kiranya Informasi dan Berbagi File Panduan PIGP Pengawas Sekolah/ Madrasah pada kesempatan kali ini yang termasuk kedalam kategori Administrasi Guru. Semoga bisa menjadi solusi dan referensi dalam pencarian selama ini di Google.

Download Juga File Terbaru lainnya


    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Favorit Pembaca